DESA SAMPALAN TENGAH DAN MAHASISWA KKN UNDIKSHA BUDAYAKAN GOTONG ROYONG

  • 11 Juli 2017
  • Dibaca: 361 Pengunjung
DESA SAMPALAN TENGAH DAN MAHASISWA KKN UNDIKSHA BUDAYAKAN GOTONG ROYONG

Klungkung (Bali) – Di era Globalisasi dan modernisasi, hampir jarang kita temui budaya gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia, di tengah-tengah budaya westernisasi yang berkembang di Bali. Ternyata, masih ada desa yang sangat menjungnjung tinggi semangat bergotong royong sebagai bentuk rasa persatuan dan mempereat tali persaudaraan.

Desa sampalan tengah kecamatan Dawan di kabupaten klungkung bersama delapan belas mahasiswa KKN dari Universitas Pendidikan Ganesha pagi tadi sedang melaksanakan kegiatan gotong royong di 3 Banjar diantaranya Banjar Djabon, Banjar Pakel dan Banjar Papaan (jumat, 07/07/2017) 

Warga Desa Sampalan tengah bersama mahasiswa KKN begitu sangat antusias, menjalankan amanat yang sudah menjadi kebiasaan leluhur sejak turun-temurun hingga saat ini. Warga dan mahasiswa bersama-sama membersihkan lingkungan mulai dari lingkungan desa,  jalan-jalan desa hingga lingkungan kantor banjar.

Gotong Royong dilakukan setiap hari jumat, dengan nama kegiatan “Jumat Bersih”, kepala desa sampalan tengah menghibau kepada mahasiswa agar tetap berbaur bersama masyarakat seperti yang beliau tuturkan “ di Desa sampalan tengah setiap Jumat melaksanakan jumat bersih, kegiatan yang dilakukan adalah bergotong royong, saya berharap mahasiswa bisa berbaur dengan masyarakat sampalan tengah untuk peduli terhadap lingkungan ” – Wayan Mudiarta.

Adapun tujuan dari kegiatan ini sebagai bentuk untuk kita melestarikan lingkungan dan menjaga budaya gotong royong seperti yang disampaikan oleh koordinator mahasiwa KKN “ Gotong royong harus tetap dibudayakan sebagai bentuk mempererat rasa kekeluargaan dan juga kepedulian kita pada lingkungan, itu tujuan dasar kita bergotong royong” – Piska Sandya.

Harapan kedepannya dalam kegiatan gotong royong ini tetap dilestarikan oleh generasi muda desa sampalan tengah sehingga budaya baik ini tetap berkelanjuatan untuk masa yang mendatang, juga mahasiswa sebagai kaum intelektual memang harus mengabdi dan berbaur untuk rakyat sebagai teladan peradaban. (adr)

  • 11 Juli 2017
  • Dibaca: 361 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita