PAK KADES : PENYULUHAN PRILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT UNTUK HIDUP YANG LEBIH BAIK

  • 12 Juli 2017
  • Dibaca: 100 Pengunjung
PAK KADES : PENYULUHAN PRILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT UNTUK HIDUP YANG LEBIH BAIK

Klungkung (Bali)- Mahasiswa KKN undiksha bersama Gerakan Masyarakat Santun dan Inovatif (Gema Santi) ini melaksanakan program penyuluhan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang bertempat di Banjar Pakel Desa Sampalan Tengah. (12/07/2017).

Penyuluhan ini berlangsung pada pagi hari (09.00-11.00), dimana peserta penyuluhan diikuti oleh anak-anak sekolah dasar di desa Sampalan tengah yang begitu antusias mengikuti dan memiliki kemauan untuk menerapkan nilai-nilai dari hidup sehat dan bersih.

Dalam kegiatan Penyuluhan ini,dihadiri langsung oleh Kepala Desa Sampalan Tengah yaitu Wayan Mudiarta yang sekaligus memberikan tanggapan “Dengan beralangsungnya kegiatan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat, saya mengapreasiasi dengan baik kegiatan ini .Hidup sehat dan Bersih itu adalah salah satu indikator untuk kita hidup lebih baik ,maka kegiatan ini sangat penting untuk kitai kuti” – Ujar Kepala Desa Sampalan Tengah.

Tidak hanya Bapak Kepala Desa yang hadir dalam penyuluhan tersebut, ada juga Kelian Banjar Adat Pakel,seluruh Kelian Banjar Dinas, Babinsa, serta kepala Puskesmas Dawan dua yang pada kesempatan ini hanya bisa diwakili oleh perwakilannya.

Adapun tujuan penyuluhan ini selenggarakan agar masyarakat khususnya masyarakat desa Sampalan Tengah dapat hidup dengan pola bersih dan sehat dengan mempraktekkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Narasumber yang mengisi penyuluhan ini diisi langsung oleh Mahasiswa KKN Undiksha yang di dampingi langsung oleh Dinas Kesehatan dari puskesmas Dawan dua. Materi yang disampaikan yaitu terkait praktek-praktek prilaku sehat hingga menjaga kebersihan, bahkan dalam tata cara menggosok gigi, cuci tangan, menanggulangi jentik nyamuk yang baik dan benar, dan mengenalkan tentang bahaya rokok bagi tubuh manusia.

Tujuan penyuluhan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat di selenggarakan, dengan harapan agar kita dapat mendapatkan pemahaman terkait prilaku hidup bersih dan sehat dengan menerapkan nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari sehingga membawa manfaat bagi kita semua” – Koordinator Mahasiswa KKN

Kebersihan dan Kesehatan merupakan harta yang paling berharga, yang tidak dapat kita tukar dengan apapun sekalipun kilauan berlian dan emas. Kesehatan merupakan sebagian dari iman dan keyakinandengan kata suci. Maka kegiatan penyuluhan ini merupakan kegiatan inovatif yang dapat kita apresiasi bersama. (adr)

 

 

Penulis: Indra Andrianto

Mahasiswa KKN Undiksha

 

 

  • 12 Juli 2017
  • Dibaca: 100 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita