Perpustakaan Desa Digital

Administrator Berita Desa

Dalam rangka memperluas wawasan masyarakat di pedesaan, Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi beserta pegiat dan pengamat desa berupaya menyusun buku-buku tentang tata kelola pemerintah desa.  Berikut buku - buku tersebut disajikan di Perpustakaan Desa Digital. Perpustakaan Digital adalah perpustakaan yang mempunyai koleksi buku sebagian besar dalam bentuk format digital dan yang bisa diakses dengan komputer. Istilah Perpustakaan Digital pertama kali dikenalkan lewat proyek NSF/DARPA/NASA: Digital Libraries Initiative pada tahun 1994. 

Pengembangan dan memperdayakan suatu perpustakaan merupakan suatu pilihan yang tepat recovery pendidikan dan mengantarkan masyarakat ke arah masyarakat modern yang berperadaban. Kompetisi masyarakat ditentukan oleh kemampuannya dalam memahami situasi dan perkembangan zaman yang menuntut setiap individu memiliki kualifikasi melalui pendidikan, sedangkan pendidikan dapat berjalan dengan baik apabila didukung oleh perpustakaan yang handal. Perpustakaan yang handal di masa depan adalah Perpustakaan yang memiliki kemampuan akses terhadap teknologi atau Perpustakaan Digital. Keberadan Perpustakaan Digital akan memberikan wajah baru di dalam dunia perpustakaan, serta memiliki daya sistem pelayanan yang super efisien, akurat dan cepat sehingga pemakai atau anggota perpustakaan akan merasa nyaman dan puas. 

Perpustakaan Digital sangat penting untuk diterapkan di berbagai Perpustakaan Desa mengingat informasi mengenai desa akan lebih mudah di akses melalui komputerisasi. Berikut beberapa keuntungan jika desa menerapkan Perpustakaan Digital :

  1. Pengguna dapat menikmati layanan digital library kapanpun dimanapun melalui internet maupun komputer.
  2. Tidak memerlukan banyak biaya
  3. Kemudahan dalam mengakses
  4. Penyimpanan koleksi lebih aman dibandingkan penyimpanan diperpustakaan biasa
  5. Peminjam buku maupun yang mengembalikan buku tidak perlu menunggu lama untuk proses peminjaman/pengembalian buku.
  6. Petugas perpustakaan dapat selalu memonitor tentang ketersediaan buku dan daftar buku baru.
  7. Digital Library juga dapat mengetahui rekam jejak aktifitas pengunjung perpustakaan.
  8. Petugas perpustakaan pun tidak akan mengalami kesulitan dalam proses pelaporan kepada kepala perpustakaan.

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini. Gunakan bahasa yang santun dan komentar baru terbit setelah disetujui Admin.

CAPTCHA Image
[ Ganti Gambar ]
Isikan kode di gambar

Pengaduan Online

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Aparatur Desa

Perbekel Sekretaris Desa Kasi Pemerintahan Kasi Kesejahteraan Kasi Pelayanan Kaur.Tata Usaha dan Umum Kaur Keuangan Kaur Perencanaan Klian Bnjar Dinas Papaan Klian Banjar Dinas Jabon Klian Banjar Dinas Pakel

Info Media Sosial

Facebook

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini